Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Membantu Kegiatan Sekolah dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Anita Wulansari Universitas Pembangunan Nasional " Veteran" Jawa Timur
  • Amalia Anjani Arifiyanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i1.112

Keywords:

belajar dari rumah, pembelajaran berbasis proyek, learning management system

Abstract

Kebijakan bersekolah dari rumah yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 menyebabkan kebingungan di kalangan tenaga pendidik, siswa, dan orang tua. Hal ini dikarenakan ketidaksiapan infrastruktur dan rendahnya literasi teknologi yang dimiliki oleh pihak sekolah dan siswa atau orang tua siswa. Di sisi lain, pihak yang dinilai memiliki literasi teknologi yang tinggi adalah perguruan tinggi. Selain itu, perguruan tinggi juga berkepentingan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten. Salah satu caranya adalah dengan melibatkan para mahasiswa untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dunia nyata. Oleh karena itu, metode pembelajaran berbasis proyek dinilai tepat untuk diterapkan. Kebutuhan dari kedua pihak tersebut dapat dipenuhi oleh satu sama lain sehingga diperlukan kerja sama antara perguruan tinggi, dalam hal ini mahasiswa, dengan pihak sekolah sebagai mitra proyek. Tim pelaksana proyek bertugas untuk membantu mitra menggunakan aplikasi learning management system (LMS).  Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa semakin memahami pengaplikasian teori yang dipelajari sekaligus mengasah keahlian yang bersifat soft skill sedangkan mitra proyek berhasil mengimplementasikan aplikasi tersebut di dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM, 7(5), 395-402. doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Anita, I. W. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 125-131. doi:10.30870/jppm.v10i1.1287

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan), 5(1), 64-70. Retrieved from https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/111

Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. METODIK DIDAKTIK, 9(2), 1-15. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3248/2262

Greene, J., & Stellman, A. (2007). Head First PMP. Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.

Nuraini, R. (2019, Maret 2 ). Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Retrieved from INDONESIA.GO.ID: https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 4(2), 30-36. Retrieved from http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Patmanthara, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. TEKNO, 26(2), 100-107. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/download/8275/3806

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi Pembelajaran (1 ed.). Jakarta: PT. Balebat Dedikasi Prima. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=A-LJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Media+dan+Teknologi+Pembelajaran+benny+a+pribadi&ots=kpJKyyYUCL&sig=9ptAT-qSPMwWx_Frk2Vjf0j75fo&redir_esc=y#v=onepage&q=Media%20dan%20Teknologi%20Pembelajaran%20benny%20a%20pribad

Project Management Institute. (2013). A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide) (5 ed.). Newtown Square: Project Management Institute, Inc.

Putri, A. D., Syutaridho, Paradesa, R., & Agani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 135-152. Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/1884

Stackpole, C. S. (2013). A User’s Manual to the PMBOK Guide (Fifth). John Wiley & Sons, Inc. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=if9nmOnj2FcC&oi=fnd&pg=PT10&dq=pmbok+guide&ots=VDH3XwoeSY&sig=sW_ebDJUP2xuNyyWS77WP8E_kIc&redir_esc=y#v=onepage&q=pmbok%20guide&f=false

Tariyah. (2020). Kebijakan Bekerja Dari Rumah dan Pelayanan Publik. Retrieved Februari 3, 2021, from https://www.ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--kebijakan-bekerja-dari-rumah-dan-pelayanan-publik

Tiara, Perdana, S., & Dewanti, G. K. (2020). Pelatihan Aplikasi Kahoot di Lembaga Bimbingan Belajar Gama UI Cabang Duren 3 Raya Jakarta. ABDIMAS UNIVERSAL, 2(1), 34-40. doi:10.36277/abdimasuniversal.v2i1.57

WHO. (2020, Juni 29). Listings of WHO’s response to COVID-19. Retrieved from https://www.who.int/: https://www.who.int/news/item/29-06-2020-covidtimeline

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Wulansari, A., & Arifiyanti, A. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Membantu Kegiatan Sekolah dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19 . bdimas niversal, 3(1), 88–92. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i1.112

Issue

Section

Artikel